Selamat Datang Di Blog Oppungnya.blogspot.com
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Oppungnya Informasi,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik

 


Hai Sobat...
Biasa..Intermezzo dulu...................................Artikel adalah karangan pendek, berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, yang membahas tema tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, atau konsep tertentu.
Bagaimana cara menulis artikel dengan baik? Berikut ini penjelasannya secara umum.
Hmm… karena tulisan ini cukup panjang jadi anda harus sabar membacanya. Rilekskan tubuh anda. Tarik nafas dalam dalam…. keluarkan pelan… tarik nafas lagi… keluarkan lagi… Yap, mari kita baca bersama.
Secara garis besar, langkah-langkah menulis artikeldapat kita bagi menjadi beberapa poin penting berikut ini:
  1. Tentukan Tema. Tema haruslah spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat baca.
  2. Tetapkan Tujuan penulisan. Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara jelas melainkan terselubung dalam paragraf.
  3. Rumuskan ide pokok atau masalah dalam bentuk pertanyaan. Dalam penulisan artikel, pertanyaan yang menjadi ciri rumusan masalah ini, sering muncul tersirat ketimbang tersurat, khususnya pada artikel jenis deskripsi dan narasi.
  4. Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel (Penjabaran lebih lanjut saya uraikan dibawah)
  5. Buatlah kesimpulan.
Hanya saja langkah spesifiknya harus anda sesuaikan dengan jenis artikel yang ingin anda tulis. Sebab tiap jenis artikel memiliki cara penulisan berbeda.

Artikel Deskripsi
Artikel deskripsi adalah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya di dalam benak.
Cara Penulisan Artikel Deskripsi
  1. Tentukan objek, baik berupa keadaan atau konsep yang mau dideskripsikan
  2. Tentukan juga tujuan penulisan.
  3. Tentukan rumusan ide pokok
  4. Kembangkan tulisan ke menjadi urut-urutan. Apakah berdasarkan urutan waktu: pagi-siang-sore; atau jam 1, jam 2, jam 3; atau tahun 2000, tahun 2003, tahun 2005; atau menggunakan urutan tempat: dari pinggir ke tengah; dari pangkal ke ujung; atau kita ingin memakai urutan kepentingan: dari yang paling penting, penting ke yang kurang penting.
  5. Tutup dengan paragraf yang menyimpulkan obyek yang dideskripsikan.
Contoh artikel dapat anda lihat disini. Penulis artikel deskripsi pada contoh menggunakan teknik pengembangan berdasarkan urutan tempat.


Artikel Narasi
Artikel jenis ini ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian. Dalam tulisan ini harus ada tokohnya. Seperti dalam cerita pada umumnya, sang tokoh digambarkan sebagai sosok yang bergulat dengan konflik kehidupan. Adanya konflik inilah yang akan membuat tulisan jenis ini menarik. Sebab bila tidak ada konflik, maka sebuah narasi akan menjadi hambar.
Cara penulisan artikel narasi
  1. Tentukan tema
  2. Tentukan tujuan
  3. Tentukan rumusan ide pokok
  4. Kembangkan tulisan dengan membuat alur cerita: awal – tengah – akhir. Bagian awal buatlah pembukaan yang menarik; Bagian tengah gambarkan pergulatan hidup sang tokoh sampai pada puncak konflik alias klimaks;
  5. Setelah itu, buatlah anti klimaks sebagai penutup.
Contoh artikel ini dapat dilihat disini.


Artikel Eksposisi
Ertikel jenis ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu.
Cara Penulisan Artikel Eksposisi
  1. Tentukan tema
  2. Tentukan tujuan
  3. Tentukan rumusan ide pokok
  4. Bila karangan ditujukan untuk menjelaskan pengertian, maka kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan definisi atau proses.
  5. Dan bila karangan ditujukan untuk menjelaskan proses, maka detilkan prosesnya.
  6. Berikan kesimpulan
Contoh artikel ini dapat anda temukan bertebaran di internet yang berkenaan dengan: definisi, fungsi, manfaat, peran, atau artikel yang berisi panduan melakukan sesuatu alias How To. Jenis tulisan pada contoh ini adalah berbentuk How To.


Artikel Argumentasi
Artikel ini berupa karangan adu argumen. Penulisannya dilatarbelakangi oleh kritik terhadap suatu pendapat. Penulis biasanya akan memasukkan opini pribadi kedalam tulisan, tentu dengan data atau fakta yang mendukung, sehingga pendapatnya bisa menarik dukungan dari pembaca.
Cara Penulisan Artikel Argumentasi
  1. Tentukan tema
  2. Tentukan tujuan
  3. Tentukan rumusan ide pokok
  4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan pendapat sendiri dan melemahkan pendapat lain.
  5. Berikan kesimpulan


Artikel Persuasi
Artikel jenis ini terkenal juga dengan arikel motivasi. Sebab penulisannya bersifat membujuk alias persuasif. Efeknya dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan atau mengikuti sesuatu.
Cara Penulisan Artikel Persuasi
  1. Tentukan tema
  2. Tentukan tujuan
  3. Tentukan rumusan ide pokok
  4. Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat menggerakkan mereka.
  5. Berikan kesimpulan
Contoh artikel persuasi dapat anda lihat bertebaran di blog ini. Hampir semua artikelnya bersifat bujukan alias persuasif. Silakan baca salah satunya sebagai contoh, ya.

Sebenarnya, tiap jenis artikel memiliki dua cara penulisan, ada yang berupa Fiksi dan juga ada yang berupa non fiksi. Untuk lebih jelasnya silakan lihat wikipedia.

Demikian Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik ini saya buat. Mudah-mudahan anda bisa mengambil manfaat darinya. Ada kiranya sobat juga membaca Cara Mengganti Nama dan Depskripsi di Blogger .
Semoga Bermanfaat :D
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 Comment

Oke banget nih infonya gan...

Balas

Sangat Bermanfaat

Balas

Makasih atas infonya..

Balas

Makasih atas infonya!!

Balas

Manfaat penulis artikel online seringkali memerlukan keterampilan riset yang kuat. Penulis tidak hanya perlu mencari informasi yang tepat, tetapi juga memilah dan menilai keberhasilan sumber-sumber tersebut.

Selain memberikan informasi, fungsi penulis artikel online juga memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Mereka harus memahami audiens target dan menggunakan gaya bahasa yang sesuai.

Kelebihan penulis artikel online memberikan peluang besar untuk berkolaborasi dengan para profesional dari berbagai bidang. Melalui artikel, penulis dapat membangun jaringan yang luas dan menjalin kerjasama dengan individu atau lembaga.

Balas

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas???

Copyright © 2013. Oppungnya Informasi - All Rights Reserved | Template Created by Oppungnya Infomasi Proudly powered by Blogger